Guardiola: Mbappe Belum Selevel Messi




Manajer Manchester City Josep Guardiola tak bisa memprediksi apakah Kylian Mbappe bisa mencapai level Lionel Messi. Meskipun begitu, Guardiola menganggap Mbappe pemain yang luar biasa.

City asuhan Guardiola adalah salah satu korban ketajaman Mbappe pada musim lalu saat ia bermain di AS Monaco. Pemain muda asal Prancis itu mampu mencetak gol dalam dua leg di babak 16 besar Liga Champions.

Mbappe mengakhiri musim lalu dengan mencetak 26 gol dari 44 pertandingan di semua ajang kompetisi. Gol Mbappe itu membantu Monaco mengalahkan PSG dalam perebutan gelar Ligue 1.

Berkat penampilannya yang cemerlang itu, Mbappe mendapat kesempatan pindah ke PSG dan menjalani awal yang bagus di sana bersama dengan Neymar. Meskipun begitu, Guardiola menilai tampil cemerlang di usia muda bukan jaminan akan meraih kesuksesan di masa depan.

"Tak ada yang bisa duduk semeja dengan Messi. Mbappe mungkin, pemain top, ia akan menjadi pemain hebat, saya yakin itu," kata Guardiola seperti dilansir Soccerway.

"Tapi menyamakannya dengan yang telah dilakukan Messi selama 10 atau 12 tahun, atau Cristiano (Ronaldo), contohnya, kita masih harus menunggu. Saya menghargai Mbappe tak ingin menambah beban di pundaknya.

“Messi melakoni 60-70 laga per musim, laga-laga besar, selalu mencetak gol dan assist, tak pernah cedera, selalu bermain setiap tiga hari, tak pernah cedera karena ia mengontrol tubuhnya. Karena itu menurut saya tak ada gunanya, mengatakan seorang pemain akan menjadi (Messi) baru. Biarkan Mbappe menjalani karier fantastis dan kita akan lihat ke depannya.